Selasa, 27 Mei 2014

UNIVERSITAS BRAWIJAYA MELUNCURKAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA



Universitas Brawijaya Malang (UB) meluncurkan program mahasiswa wirausaha (PMW-UB) untuk mengembangkan dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan agar nantinya para lulusan universitas brawijaya dapat membuat lapangan kerja sendiri daripada harus mencari kerja. Departemen Pendidikan Nasional telah mengembangkan berbagai kebijakan dan program untuk mendukung terciptanya lulusan PT yang lebih siap bekerja dan menciptakan pekerjaan.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksnakan berupa Program Mahasiswa Wirausaha (Entrepreneur Student Programme). Kriteria mahasiswa yang dapat mengikuti program ini adalah mahasiswa UB, telah menyelesaikan kuliah empat semester (duduk di semester V) atau minimal telah menempuh 80 SKS, dan mempunyai minat dan bakat kewirausahaan yang dapat dibuktikan dengan pengalaman wirausaha yang pernah dilakukan sebelumnya. 

Bagi mahasiswa yang lolos seleksi dalam mengikuti pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, akan diberikan fasilitas magang di UKM yang sesuai dengan usahanya dengan bantuan modal kerja. Bantuan Modal kerja yang diberikan untuk membuat proposal individu maksimal 8 juta rupiah, sedangkan untuk proposal kelompok (3-5 mahasiswa), maksimal Rp 40 juta.

Program Mahasiswa Wirausaha ini menyeleksi didalam dua tahap. Tahap pertama, untuk peserta yang mengikuti Diklat Kewirausahaan dan Magang, akan dilakukan secara berjenjang. Tahapan seleksi pertama ini meliputi seleksi dan penyusunan ranking di tingkat fakultas, seleksi proposal tingkat universitas dan wawancara. Sementara itu, untuk seleksi tahap kedua diperuntukkan bagi peserta yang mendapat bantuan modal usaha. Bagi peserta yang lulus dalam program diklat akan dilakukan pembimbingan dalam pembuatan rencana bisnis yang hasilnya akan dievaluasi oleh Tim Evaluator untuk ditetapkan besarnya modal yang akan diberikan. Pedoman program dan pedoman penulisan proposal dapat diambil di fakultas masing-masing. Pengumpulan paling lambat dilakukan tanggal 30 Januari 2009 di PD-III seluruh fakultas di lingkungan UB. 

Writter and Edit by Dilean Mahks

Source by Prasetya.ub.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar