Selasa, 13 Mei 2014

PUSAT PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN (PPK) SAMPOERNA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UNIVERSITAS BRAWIJAYA



Jumat (02/05), pembelajaran Bussisness Learning mahasiswa Ilmu Komunikasi berkunjung  ke Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PKK) Sampoerna, dimana mahasiswa diajarkan bagaimana cara berwirausaha dengan baik. PKK Sampoerna memiliki tempat-tempat/Ruang  dimana para calon wirausaha belajar untuk melatih dirinya untuk menjadi seorang wirausaha berdasarkan bidangnya masing-masing.

Ruang yang pertama adalah ruang Galeri, dimana para calon wirausaha diajarkan untuk merancang took dengan baik dan pelatihannya juga dilakukan secara rutin, ruang galeri ini bagus sekali untuk para calon wirausaha yang ingin membangun took-toko.

Ruang yang kedua adalah ruang Pengolahan Pangan (FAPP). Terdapat mesin-mesin untuk membuat makanan, anatar lain : mesin pembuat bakso, Cups Plastik untuk minuman, pembuatan coklat, dan mesin pembuatan es krim.

PKK Sampoerna juga menyediakan penginapan gratis (Asrama) bagi calon wirausaha yang ingin melakukan pelatihan kewirausahaan di PKK Sampoerna. Asrama (Dorminatory) tersebut memiliki 16 kamar, yang didalamnya terdapat 7 kamar AC dan 9 kamar tidak ber AC.

Ruang pelatihan selanjutnya adalah ruang Pelatihan Otomotif, Ruang Salon (Tata Rias Kecantikan). Dan Ruang Jahit & border, Dimana ruangan ini berguna untuk para calon wirausaha yang ingin membangun Salon, Bengkel, dan juga menjadi penjahit.

PKK Sampoerna juga memiliki Kandang Sapi, yang didalamnya terdapat sapi-sapi gemuk dan besar, yang di import dari Australia yaitu sapi Limousin, sapi-sapi disini, digunakan untuk pelatihan penggemukan sapi. Terdapat  Area UFT (urine Fermentation Technology) untuk mengolah pupuk.

Ruang / tempat terakhir adalah Tempat Pengolahan pakan ternak, yang didalamnya terdapat bahan-bahan pakan berbasis local, yaitu Jagung giling, Tongkol jagung, ampas kecap, mineral mix, kapur pertanian, garam, dan kulit kopi.






Reporter : Dilean Mahks

Writter by Dilean Mahks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar