Rabu, 04 Juni 2014

MANFAAT DAN PERBEDAAN E-BISNIS DAN E-COMMERCE


Salah satu potensi pasar yang dapat dimanfaatkan dengan cara membuka jasa penjualan seperti toko, Toko itu sendiri merupakan salah satu media terjadinya proses jual-beli layaknya sebuah pasar. Dengan berkembangnya teknologi dapat mempengaruhi proses jual beli, yang tadi merupakan wujud nyata, sekarang sudah ada yang melalui sistem elektronik, yaitu Online. Transaksi penjualan dan pembelian yang terjadi melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya biasa disebut dengan ECommerce. Sedangkan EBisnis lebih mengenai pembuatan produk besar, ide kreatif dan pemberian layanan yang bermutu, perencanaan pemasaran produk dan pelaksanaannya. Secara sederhana istilah ini digunakan untuk menunjukkan pembelian dan penjualan menggunakan teknologi internet.
Terdapat dua hal, dalam memberikan istilah E-Bisnis didalam sebuah perusahaan, yaitu Sebuah konsep yang diterapkan untuk strategi dan operas dan E-Bisnis digunakan sebagai sebuah sifat untuk menggambarkan bisnis utama yang beroperasi secara online. Definisi secara umum, E-Bisnis adalah pertukaran informasi yang dimediasi secara elektronik didalam organisasi dan eksternal stakeholder untuk mendukung proses bisnis ( E-Business and E-Commerce management, Dave Chaffey, 2007).
Manfaat E-Bisnis itu sendiri untuk Konsumen antara lain :
1.      Konsumen dapat berbelanja atau bertransaksi setiap saat (24 jam) dan untuk semua lokasi
2.      Pilihan produk yang diberikan kepada pelanggan lebih banyak dan beragam
3.      Konsumen dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih murah, karena konsumen bias berbelanja di banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
Secara sederhana istilah E-Commerce digunakan untuk menunjukkan pembelian dan penjualan menggunakan teknologi internet. Tetapi istilah E-Commerce itu sendiri bukan hanya sekedar transaksi keuangan secara elektronik melalui organisasi dan pelanggan saja melainkan juga merujuk pada semua mediasi transaksi secara elektronik antara organisasi dan pihak ketiga. Jadi dengan definisi ini permintaan pelanggan berupa informasi juga bisa disebut sebagai bagian dari E-Commerce.

Manfaat E-Commerce untuk Konsumen, antara lain :
1.      Pelanggan dapat berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
2.      Memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan; mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
3.      Menyediakan produkproduk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
Perbedaan antara E-Bisnis dan E-Commerce, anatara lain :
1.      E-Commerce adalah bagian dari E Bisnis. Jika Anda mengingat diagram Venn ketika belajar di sekolah, maka anda dapat dengan baik memahami apa saya sampaikan. Bagian yang satu adalah konsep yang sangat luas, sedangkan satunya hanyalah satu bagian kecil dari itu. Hubungan ini akan dihapus pada poin berikutnya.
2.      Kegiatan yang pada dasarnya melibatkan transaksi keuangan diistilahkan sebagai “E-Commerce”. Namun, E-Bisnis adalah istilah yang lebih luas. Ada banyak hal-hal lain selain menjual, meski pemasaran termasuk didalamnya, termasuk pengadaan bahan baku atau barang, pelanggan pendidikan, mencari supplier dan lain sebagainya.
3.      Untuk berjualan secara online adalah E-Commerce, namun untuk membawa dan mempertahankan pelanggan dan mendidik secara online tentang produk atau layanan termasuk E-Bisnis. Memiliki sebuah website untuk melakukan hal itu tidaklah cukup.
Jadi, dapat disimpulkan E-Commerce dapat digunakan untuk penggunaan internet dan Web untuk transaksi bisnis. Bisa dikatan dalam bentuk formalnya memungkinkan terjadinya transaksi komersial antara organisasi dan individu. Sedangkan, E-Bisnis dapat digambarkan sebagai proses digital yang memungkinkan proses transaksi dalam perusahaan, melibatkan sistem informasi di bawah kontrol yang kuat. Selain itu, aplikasi E-Bisnis bisa turun menjadi E-Commerce ketika sebuah pertukaran nilai terjadi.

Written and Edit : Dilean Mahks
Source : http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar